ArtikelSolusi Mengurangi Polusi Udara. Bagaimana Caranya?

13th September 2021by Chicha Aprilia0
https://gallileolei.com/wp-content/uploads/2021/09/industry-1752876_1920-1280x853.png

Polusi udara adalah masalah lingkungan yang nyata. Banyak negara telah menyatakan perang untuk melawan polusi ini dan menekan peningkatan pemanasan global.

Di daerah perkotaan polusi udara masih menjadi masalah yang memerlukan penanganan. Permasalahan tersebut sebenarnya bisa Teman-Teman atasi dengan beberapa cara sederhana. Cara tersebut selain bisa melindungi diri sendiri juga bisa melindungi orang lain. Simak terus artikel berikut agar Teman-Teman mengetahui informasinya lebih lanjut.

Cara Mengurangi Polusi Udara

Berikut ini beberapa cara yang dapat Teman-Teman lakukan untuk mengurangi adanya pencemaran udara.

1. Menanam Tanaman Antipolutan

polusi udara
Sumber: Gambar oleh Olena Troshchak dari Pixabay

Salah satu tanaman yang dapat Teman-Teman gunakan untuk mengurangi polusi udara adalah tanaman lidah mertua. Tanaman lidah mertua dapat menyerap kandungan CO2 atau karbondioksida. Selain tanaman lidah mertua, masih terdapat beberapa tanaman lagi yang dapat Teman-Teman gunakan sebagai antioksidan dan dapat ditanam di rumah. Apabila kegiatan ini terus menerus dilakukan oleh semua orang, pastinya akan ada perubahan yang besar terkait dengan kualitas udara.

2. Melakukan Urban Farming

polusi udara
Sumber: Gambar oleh cocoparisienne dari Pixabay

Solusi polusi udara agar dapat berkurang adalah dengan melakukan urban farming. Teman-teman bisa melakukan penataan kota dengan cara penghijauan. Misalnya saja Teman-Teman berkontribusi untuk membuat sebuah kebun kecil di rumah maupun luar rumah yang dapat digunakan untuk menanam buah maupun sayur.ย 

Dengan Teman-Teman memperbanyak tanaman maupun berkebun di area rumah, maka tanaman tersebut dapat menarik karbon dioksida dari udara dan melepaskan oksigen. Hal itu menyebabkan kondisi udara di dalam rumah maupun lingkungan menjadi segar. Penanaman tersebut dapat menggunakan teknik hidroponik apabila sedang kesulitan untuk mencari akses tanah yang dapat digunakan untuk menanam.

3. Uji Emisi

polusi udara
Sumber: Gambar oleh Rudy and Peter Skitterians dari Pixabay

Kendaraan banyak berkontribusi dalam peningkatan polusi udara. Oleh karena itu, bagi Teman-Teman yang mempunyai kendaraan, tidak ada salahnya untuk melakukan uji emisi ke bengkel-bengkel yang sudah mempunyai alat untuk uji emisi. Dengan menggunakan cara tersebut, gas emisi yang terbuang tidak terlalu mencemari lingkungan dan dapat lebih terkendali.

4. Menghindari Membakar Sampah Sembarangan

polusi udara
Sumber: Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Hasil pembakaran sampah adalah gas klorin yang dapat merusak atmosfer dari bumi. Dari proses pembakaran yang sedang berlangsung akan menghasilkan debu, melepaskan karbon dioksida, dan asap hitam ke udara. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa Teman-Teman selalu membuang sampah pada tempatnya, sehingga nanti petugas kebersihan yang akan bertugas untuk memproses pembakaran yang sesuai dengan teknis.

5. Menggunakan Transportasi Umum

polusi udara
Sumber: Gambar oleh iqbal nuril anwar dari Pixabay

Penanggulangan polusi udara selanjutnya adalah dengan cara beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum. Asap dari kendaraan tersebut merupakan salah satu faktor yang menjadi penyumbang utama dari polusi udara maupun kemacetan di kota. Dengan adanya peralihan dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi transportasi umum, maka pencemaran udara bisa lebih dikurangi.

6. Menghentikan Kebiasaan Merokok

polusi udara
Sumber: Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Asap rokok adalah salah satu penyumbang dari sumber pencemaran udara yang tidak boleh Teman-Teman anggap sepele. Hal itu hampir sama dengan kasus membakar sampah karena asap rokok mengandung beberapa bahan kimia yang nantinya bisa mencemari udara.

Dengan berhenti merokok tidak hanya mengurangi polusi udara, tetapi juga dapat melindungi diri sendiri dan juga orang lain dari beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan dari asap rokok, seperti bronkitis, penyakit jantung, kanker, dan asma.

Mengapa Harus Mengurangi Polusi Udara?

Dengan Teman-Teman mengurangi segala sesuatu yang dapat menyebabkan pencemaran udara, maka Teman-teman juga membantu untuk mengurangi dampak polusi udara yang memang membahayakan tubuh dan lingkungan. Berikut ini dampaknya.

1. Memicu Autisme dan Keguguran

polusi udara
Sumber: Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Polusi udara dapat membahayakan ibu hamil dan juga janinnya. Hal itu dikarenakan dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur dan peradangan di seluruh tubuh. Sedangkan dampak bagi janin adalah dapat menyebabkan terjadinya asma dikemudian hari, autisme, dan juga keguguran.

2. Pemanasan Global

polusi udara
Sumber: Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay

Pemanasan global dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara sehingga dapat meningkatkan suhu udara di seluruh dunia, membuat es di kutub ataupun daerah dingin lainnya cepat mencair, dan juga permukaan laut yang meninggi. Kondisi tersebut dapat memicu kurangnya tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan dan tumbuhan.ย 

3. Gangguan Pernapasan

polusi udara
Sumber: Gambar oleh Victoria_Borodinova dari Pixabay

Dampak dari adanya pencemaran udara adalah bisa menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan seperti ISPA, asma, dan juga kanker paru-paru. Selain itu juga dapat menyebabkan kurangnya kadar oksigen yang terdapat di dalam tubuh manusia.

Itulah beberapa solusi yang dapat Teman-Teman gunakan untuk mengurangi polusi udara supaya dampak negatif yang ditimbulkannya bisa dicegah dan diatasi. Sayangilah bumi supaya kesehatan tubuh dan lingkungan tetap terjaga.

error: Content is protected !!