ArtikelSejarah Awal Mula Ditemukannya Mesin Jet

27th March 2021by Chicha Aprilia0
https://gallileolei.com/wp-content/uploads/2021/03/jet-engine-4688927_1920-1280x853.jpg

mesin jet merupakan salah satu komponen yang ada di dalam pesawat. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kecepatan dan mendorong pesawat.

Mendengar kata mesin jet, pasti akan langsung mengingatkan kita pada pesawat. Ya, mesin jet merupakan salah satu komponen yang ada di dalam pesawat. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kecepatan dan mendorong pesawat. Penasaran dengan mesin yang satu ini?ย  Bagaimana sih asal usulnya hingga tercipta mesin jet? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Asal Mula Mesin Jet

Konsep mesin jet pertama kali terinspirasi dari sebuah mainan di negeri Romawi kuno yang disebut dengan Heroโ€™s Engine. Alat permainan ini menggambarkan sebuah sistem dimana gaya yang dikeluarkan oleh mulut jet menghasilkan reaksi yang sama besar dengan daya dorong jet itu sendiri.

Di tempat lain, fisikawan terkenal bernama Sir Isaac Newton juga mencetuskan pemikiran serupa. Yaitu, sebuah teori atau hukum aksi reaksi yang menyatakan bahwa setiap gaya aksi dari suatu benda menghasilkan reaksi gaya yang berlawanan dengan nilai sama besarnya.

Dari kedua hal inilah kemudian para insinyur penerbangan mulai memikirkan cara untuk menciptakan sebuah mesin pendorong yang kuat. Mesin ini diberi nama mesin jet. Mesin jet pertama dibuat oleh insinyur Perancis bernama Rene Lorin.

Lorin membuat mesin jet pertamanya pada tahun 1913 dan mengajukan hak paten atas mesin tersebut. Mesin ciptaan Lorin disebut dengan mesin athodyd atau aero-thermodynamic-duct. Mesin ini tidak memiliki bagian berputar sehingga dikenal dengan nama mesin pulse jet.

Mesin pulse jet ini dipergunakan dan dikembangkan menjadi mesin tenaga utama pendorong bom oleh Jerman. Mereka memakai mesinnya untuk menjatuhkan bom di Inggris.ย 

Beberapa waktu kemudian, tiga peneliti melakukan pengembangan untuk menciptakan mesin jet seperti sekarang ini. Mereka adalah Frank Whittle perwira Angkatan Udara Inggris, Hans von Ohain seorang mahasiswa Universitas Gottingen dan Secondo Campini, insinyur dari Italia.

Ketiganya mengembangkan mesin jet dengan prinsip dan komponen berputar seperti turbin dan kompresor. Atas saran rekan-rekannya di Angkatan Udara, Whittle membentuk perusahaan Power Jets dan mengembangkan mesin jet menjadi lebih canggih.

Perusahaan ini berhasil menandatangani kontrak dengan Angkatan Udara Inggris. Mereka menciptakan mesin jet dengan type W-1X. Pada tahun 1940, mesin jet W-1X diuji coba pertama kalinya dan berhasil.

Pada tahun 1941, mesin jet ini berhasil dimodifikasi dan diaplikasikan pada pesawat Inggris untuk pertama kali. Pesawat ini berhasil diterbangkan oleh pilot bernama Gerry Sayer pada tanggal 15 Mei 1941. Pada tahun 1942, lisensi pesawat jet ini diminta oleh Amerika.

Itulah asal mula mesin jet dapat berkembang hingga seperti sekarang ini. Kini, dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin dalamnya ilmu pengetahuan yang dikuasai manusia, mesin-mesin jet terbaru terus bermunculan. Semakin canggih dan semakin maju.

Perkembangan Mesin Jet

Kini, mesin jet tidak hanya dipergunakan untuk keperluan pesawat terbang saja. Mesin ini juga dikembangkan untuk alat lain seperti kapal laut, tank hingga mesin-mesin pembangkit listrik.

Pada dasarnya, ada 4 jenis mesin jet yang dipergunakan untuk mendukung aktivitas manusia. Diantaranya adalah :

1. Mesin Turbofan

mesin jet
sumber: Gambar oleh jotoya dari Pixabay

Mesin turbofan adalah turunan mesin jet yang digunakan untuk sistem penggerak pada pesawat komersial dan pesawat tempur. Mesin yang menggunakan mesin turbofan adalah mesin fanjet, mesin pesawat tempur type Hawk, dan mesin tempur Jaguar milik Jepang.

2. Mesin Turboprop

mesin jet
sumber: Gambar oleh windwalkr dari Pixabay

Mesin turboprop adalah mesin turbojet yang dimodifikasi sedemikian rupa. Mesin ini memiliki kemampuan untuk menyerap sisa bahan bakar yang menggerakkan kompresor.ย 

Mesin ini sangat irit bahan bakar namun hanya bisa dipergunakan pada pesawat berkecepatan rendah. Contoh pesawat yang menggunakan mesin turboprop adalah pesawat British Aerospace.

3. Mesin Turboshaft

mesin jet
sumber: Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Mesin ini awalnya adalah mesin turboprop tanpa penambahan baling-baling. Mesin turboshaft biasanya dipergunakan untuk menggerakkan helicopter karena power turbinnya dihubungkan langsung dengan reduction gearbox.

Namun kini, mesin turboshaft juga dipergunakan di berbagai bidang. Contohnya adalah mesin pembangkit listrik, stasiun pompa gas, pemompa minyak, hovercraft dan kapal laut.

Demikian ringkasan asal mula mesin jet yang bisa kita pelajari. Mesin jet adalah bukti nyata perjalanan teknologi dari yang sederhana menjadi canggih dan kompleks. Bagaimanapun prosesnya, sekarang ini hidup kita dipermudah dengan adanya teknologi-teknologi terkini seperti mesin jet.

error: Content is protected !!