ArtikelTeknologi Kendaraan Hybrid yang Bisa Mengurangi Polusi

24th June 2021by Chicha Aprilia0
https://gallileolei.com/wp-content/uploads/2021/06/hybrid-car-2503566_1920-1280x853.jpg

kendaraan hybrid ini tentunya merupakan hal yang sangat positif, namun di Indonesia penggunaan kendaraan hybrid belum maksimal

Kendaraan berbahan bakar bensin yang kita gunakan sejauh ini sebenarnya menjadi salah satu faktor penyebab pemanasan global. Selain itu kita tidak bisa memperbarui bahan bakar bensin. Dengan banyaknya kendaraan pengguna bahan bakar bensin saat ini, maka membuat semakin menipisnya persediaan bahan bakar minyak yang ada di dunia. 

Oleh karena itu untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan guna menyelamatkan bumi dari pemanasan global, dibuatlah berbagai alternatif teknologi kendaraan yang lainnya. Salah satunya adalah kendaraan hybrid. Kendaraan ini menggabungkan tenaga yang dihasilkan dari bahan bakar minyak dan juga tenaga pendukung yang diambil dari baterai berisi listrik sehingga tentunya dapat mengurangi efek pemanasan global serta menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

Gagasan penggunaan kendaraan hybrid ini tentunya merupakan hal yang sangat positif, namun di Indonesia penggunaan kendaraan hybrid belum maksimal. Sebab harga kendaraan hybrid masih relatif lebih mahal dan masyarakat masih nyaman dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

Untuk lebih mengenal kendaraan hybrid dan teknologinya yang bisa mengurangi polusi serta pemanasan global, berikut ini beberapa kelebihan kendaraan hybrid :

Hemat Bahan Bakar Minyak

kendaraan hybrid
Sumber: Gambar oleh Mikes-Photography dari Pixabay

Kendaraan hybrid memang menggunakan dua mesin penggerak yang menggunakan BBM dan mesin lainnya menggunakan baterai bertenaga listrik. Namun sebenarnya mesin penggerak yang menggunakan BBM jarang sekali hidup. Pada saat kamu menghidupkan mobil dan saat kamu mengendarai mobil dengan kecepatan yang rendah maka hanya mesin bertenaga listrik saja yang akan bekerja.

Alhasil sudah tentu kendaraan hybrid ini akan lebih hemat bahan bakar minyak. Karena mesin bertenaga listrik yang paling sering akan bekerja. Dengan demikian kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang yang begitu banyak untuk mengisi bensin, karena mobil ini benar-benar irit BBM dan sebagian besar tenaga yang ada pada mobil ini berasal dari listrik.

Rendah Emisi Gas Buang

kendaraan hybrid
Sumber; Gambar oleh (Joenomias) Menno de Jong dari Pixabay

Hal yang menyebabkan kendaraan hybrid ini tidak akan menimbulkan efek pemanasan global adalah karena mobil hybrid biasanya rendah emisi gas buang. Emisi gas buang adalah sisa  dari hasil pembakaran bahan bakar minyak di dalam mesin yang akan keluar melalui sistem pembuangan mesin tersebut. Nah, emisi gas buang inilah yang menyebabkan banyaknya polusi di udara. Dengan rendahnya emisi gas buang yang ada pada kendaraan hybrid maka tentunya bisa mengurangi polusi udara yang dihasilkan. Bahkan ada teknologi baru yang dikembangkan dimana nantinya kendaraan hybrid juga bisa mengeluarkan udara yang baik untuk sekitarnya.

Mengingat pemanasan global yang semakin parah maka tentunya menggunakan kendaraan hybrid adalah solusi yang sangat baik untuk mengurangi pemanasan global. 

Minim Suara Mesin dan Getaran

kendaraan hybrid
Sumber: Gambar oleh Goran Horvat dari Pixabay

Jika kamu berhenti dalam kemacetan, maka biasanya untuk mobil berbahan bakar minyak mesinnya akan mengeluarkan suara dan getaran dari adanya aktivitas mesin. Namun mobil bertenaga listrik ini, saat terjadi kemacetan dan mobil dalam keadaan berhenti, maka mesin berbahan bakar minyak tersebut tidak bekerja sama sekali. Sehingga dengan demikian tidak akan ada suara mesin dan getaran yang terasa. Karena mesin bertenaga listrik yang bekerja sangat minim suara mesin dan getaran, sehingga pada saat terjadi kemacetan dan mobil berhenti, maka mobil benar-benar terasa senyap.

Peningkatan Akselerasi Kecepatan Dan Performa

kendaraan hybrid
Sumber: Gambar oleh Santa3 dari Pixabay

Jangan salah sangka mengenai kendaraan hybrid ini, banyak masyarakat berpikir bahwa dengan bahan bakar minyak yang minim maka kendaraan hybrid ini memiliki penurunan kecepatan dan performa. Justru sebaliknya dengan adanya dua jenis mesin pada kendaraan hybrid, menjadikan akselerasi kecepatan dan performanya semakin meningkat. Apalagi saat kedua mesin bekerja aktif.Dengan menggunakan kendaraan hybrid kamu bisa menempuh jarak yang jauh dengan waktu yang lebih cepat namun tetap irit bahan bakar minyak.

Memiliki Kenyamanan Maksimal

kendaraan hybrid
Sumber: Gambar oleh Santa3 dari Pixabay

Karena adanya transmisi CVT yang ada pada kendaraan hybrid, maka kendaraan ini biasanya memberikan kenyamanan yang luar biasa untuk pengemudi maupun penumpangnya.nSaat adanya perpindahan gigi dengan transmisi CVT ini, maka pengemudi dan penumpangnya tidak akan merasakan getaran apapun. Alhasil tentunya bisa memberikan kenyamanan yang maksimal saat kamu berkendara menggunakan Kendaraan Hybrid.

 

error: Content is protected !!